Jumat, 16 September 2011

tekanan qurais kepada Rosullulah Saw

ibnu masud bercerita:
ketika itu Rosullulah Saw sedang sholat disamping kakbah, sementara abu jahal dan kawan duduk tidak jauh dari situ. sehari sebelumnya baru saja barusaja ada penyembelihan binatang di dekat tempat itu. abu jahal berkata, "siapa diantara kalian yang mau mengambil kotoran sembelihan ibnu fulan lalu menimpukkanya di pundak Muhammad ketika ia sujud?"

maka salah satu dari mereka yang pa;ing busuk hatinya mengambil kotoran itu. ketika Nabi tengah sujud ia menimpukkanya di pundak Beliau. melihat ini orang-orang pun tertawa dan saling memandang. aku sendiri tercengang melihat pemandangan itu, sedangkan Rosullulah terus bersujud, Ia tidak dapat mengangkat kepalanya hingga orang-orang pun menjauh. aku ceritakan hal ini kepada fatimah putri Rosullulah Saw. -ia ketika itu masih kanak-kanak- pun datang dan membersihkan kotoran itu, lalu menantang orang yang disekitarnya dengan mencaci mereka.

ketika Rosullulah Saw selesai shalatnya ia berdoa, " ya Allah aku serahkan orang-orang qurais kepadamu," tiga kali.

ketika orang-orang mendengar doa ini, mereka berhenti dari tawanya dan ketakutan. Rosullulah pun melanjutkan doanya, "ya Allah aku serahkan kepadamu abu jahal bin hisyam, uqbah bin rabi'ah, syaibah bin rabi'ah, walid bin uqbah, umayah bin khalaf, dan uqbah bin abi mu'ith."

ibnu mas'ud berkata, "demi Dzat mengutus muhammad dengan kebenaran. aku melihat orang-orang yang disebut namanya sakit ayan pada hari perang badar sehingga mereka terseret ditengah medan perang dan mati mengenaskan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar