Minggu, 18 September 2011

mereka saling bersaudara antar sesamanya

umar bin khatab mengambil bungkusan berisi uang empat ratus dinar. ia berkata kepada utusannya, "pergilah kepada abu ubaidah bin jarah lalu serahkan ini padanya. tunggulah beberapa jenak di rumahnya hingga engkau melihat apa yang ia lakukan terhadap barang ini.

utusan itu pun berangkat, ia berkata kepada abu ubaidah, "amirul mukminin berkata kepadamu agar engkau menggunakan ini untuk sebagian kebutuhan hidupmu."

abu ubaidah berkata, "semoga Allah menyambungkan rahmat padanya." seketika  ia memanggil pelayan perempuannya , "wahai jariah, pergilah bersama uang tujuh dinar ini dan berikan kepada fulan, lalu yang lima dinar ini berikan kepada fulanah, lalu berikan yang lain kepada siapa saja hingga habis."

utusan umar pun pulang ia menceritakan kejadian ini kepadanya. lalu umar mengirim serupa untuk muadaz bin jabal dan memerintahkan agar juga melihat apa yang ia lakukan dengan pemberian itu. mu'ad melakukan seperti apa yang dilakukan oleh ubaidah bin jarah, namun istrinya memprotes, "kami, demi Allah, orang-orang miskin. berilah kami."

dalam bungkusan tidak tersisa kecuali dua dinar. diberikanlah dua dinar itu kepada istri mu'adz bin jabal.

ketika umar bin khatab mengetahui itu, ia bergembira sekali. ia berkata, "mereka saling bersaudara antar sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar