Sabtu, 17 September 2011

kasih sayng Rosul kepada binatang

suatu ketika nabi berjalan melewati seekor kijang betina yang diikat oleh seorang pemburu. kijang itu berkata, "wahai Rosullulah, ambingku telah penuh dengan air susu, sedangkan aku meninggalkan anakku dalam keadaan lapar. tolong lepaskan tali ini agar aku dapat memberi mereka minum. setelah itu aku akan kembali, dan ikalah aku seperti semula."

Rosullulah Saw berkata, "bukankah engkau hasil buruan suatu kaum?"

"benar wahi Rosullulah, namun aku berjanji kepada Allah, aku pasti kembali nanti," kata si kijang.

Rosullulah pun melepaskan kijang itu, dan tidak berapa lamu kijang itu kembali dan telah menghabiskan air susunya untuk anak-anaknya.

beliaupun berkata kepada orang-orang yang ada di tempat itu, "siapa pemilik kijang ini?"

"fulan," jawab mereka.

beliau kemudian meminta kepada orang itu untuk melepaskan kijang buruannya sambil berkata, "sekiranya binatang-binatang itu mengetahui apa yang kalian pikirkan, yakni kematian, niscaya kalian tidak bisa memakan mentega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar