Kamis, 03 November 2011

kembalilah kepada orang tuamu

dengan wajah berseri-seri dan sangat gembira seorang lelaki datang menghadap Nabi Saw. hendak berbaiat kepadanya untuk berjihad perang di jalan Allah. ternyata Rosullulah Saw yang mengetahui hal-hal tersembunyi itu justru bertanya kepadanya, "adakah diantara kedua orang tuamu yang masih hidup?"

lelaki itu menjawab, "keduanya masih hidup wahai Rosullulah,"

dengan demikian Rosullulah Saw mengembalikan anak itu kepada orang tuanya. untuk mengembalikan senyum mereka yang telah mengering dari bibirnya dan menghapus air mata yang mengalir di pipinya karena telah ditinggal anaknya.

dari sini lelaki itu menyadari betapa besar kasih sayang dan rahmat Rosullulah Saw. beliau tidak begitu saja mengabulkan permintaan lelaki itu demi kepentingan jihad yang ada di depan matanya karena beliau sedang mengatur keberangkatan pasukan. kebijaksanaan dalam memutuskan masalah disini menyadarkan orang bahwa menghormati kedua orang tua lebih didahulukan dibandingkan jihad, haji, dan umrah. sekiranya Nabi kita mau memberangkatkan lelaki itu ke medan jihad tentu sudah beliau lakukan, akan tetai beliau Saw lebih memilih kebahagiaan orang tuanya di banding semangat sang mujahid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar